Bupati Samosir Hadiri Acara Road to Hakordia Tahun 2022

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri Pembukaan Road To Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), di Lapangan Astaka dan GOR Indoor Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Selasa (29/11/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri Pembukaan Road To Hari Anti Korupsi se-Dunia (Hakordia), di Lapangan Astaka dan GOR Indoor Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Selasa (29/11/2022).

Pembukaan Road To Hakordia mengangkat tema ‘Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi’ langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) Alexander Marwata. Tampak ikut mendampingi Alexander, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Juga ada lima kepala daerah provinsi yang termasuk dalam Wilayah I Koordinasi, Supervisi, dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI. Yaitu Provinsi Aceh, Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Pembukaan Road to Hakordia ditandai dengan peluncuran Aplikasi Whistleblowing System yang diperuntukan untuk pengaduan atau pelaporan tindak pidana korupsi di Pemprov Sumut, yang juga terintegrasi dengan KPK RI. Kemudian penandatangan komitmen antikorupsi bersama dengan enam kepala daerah di Wilayah I, serta pemukulan ‘Gondang’.

Dalam sambutannya, Gubsu mengatakan agar KPK RI senantiasa untuk selalu mengawasi kinerja Pemprov Sumut. Sehingga kinerja tata kelola Pemprov Sumut akan terus baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gubsu juga menyampaikan rasa bangganya, lantaran Sumut terpilih sebagai tuan rumah Road to Hakordia Wilayah I. “Kita bersama memperingati Hakordia ini sebagai pengingat. Bukan hanya untuk sekedar seremonial saja,” ungkapnya.

Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa penurunan tingkat korupsi itu tergantung pada komitmen kepala daerahnya. “Perlu komitmen bersama antarkepala daerah dalam rangka meminimalisir angka korupsi,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment